CARA MUDAH PINDAH SISWA KE CAPESUN 2018 MI / MTs / MA

Info Hari Ini - Ujian Nasional atau yang biasa disebut UN, masih menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting buat siswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang di atasnya. Sehingga mau tidak mau siswa harus mengikuti UN ini. Apalagi sekarang sudah jamannya serba digital. Maka, data peserta UN pun yang awalnya berbasis kertas kini telah diperbaharui menggunakan teknologi informasi yang lebih canggih, yaitu salah satunya online menggunakan teknologi Website. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berharap dengan adanya UN berbasis Website ini dapat memberikan kemudahan bagi pengelola data dalam hal ini adalah admin tingkat pusat, admin tingkat daerah serta admin tingkat lembaga maupun user dalam hal ini adalah siswa.

Ada beberapa proses atau prosedur yang harus dilampaui terlebih dahulu sebelum pelaksanaan UN, diantaranya adalah pemindahan data siswa yang berstatus aktif menjadi siswa CAPESUN (Calon Peserta Ujian Nasional) dan yang selanjutnya adalah memasukkan siswa kedalam laman BIOUN (Biodata Ujian Nasional). Nah, kali ini kami akan membahas prosedur / hal penting yang harus di lakukan oleh operator/admin tingkat lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Agama (MI/MTs/MA) dalam hal memindahkan siswa yang bersetatus aktif ke dalam CAPESUN. Sebelumnya anda harus menyiapkan data yang valid terlebih dahulu dari siswa maupun orangtua siswa. Juga berkas - berkas yang terkait seperti Foto kopi Ijazah, SKHUN, beserta Foto kopi Kartu keluarga. Berikut langkah - langkahnya :

1. Data Lembaga
Jangan sampai lupa saat di detail data lembaga untuk mengisi / menceklis jurusan apabila jenjang MA. 

2. Data Sarana Rombongan Belajar
Mengapa harus dibuatkan rombel, yaitu ini akan digunakan untuk menempatkan siswa CAPESUN kedalam rombongan belajar yang sekarang mereka tempati.

3. Data Rombongan Belajar
Menu ini memiliki fungsi sebagai pengatur sekaligus pengecek jumlah siswa pada suatu rombel yang telah dibuat sebelumya

4. SETTING ROMBEL
Proses ini adalah berfungsi menempatkan siswa sesuai dengan rombel - rombel yang dimiliki. secara otomatis siswa akan diurutkan sesuai abjad. Sehingga urutan absen/presensi tiap siswa akan disesuaikan dengan urutan abjad nama siswa.

5. EDIT DATA CAPESUN
Tahap ini adalah tahap yang dapat dikatakan sebagai tahap yang cukup melelahkan karena admin / operator lembaga harus mengecek kebenaran siswa sesuai berkas yang dimiliki, mulai dari data siswa hingga orang tua.

6. Tahap Akhir
Nah, tahap ini adalah tahap akhir atau dapat dikatakan sebagai tahap inti dari runtutan tahap yang sebelumnya, yaitu memindahkan siswa yang berstatus aktif dan yang telah memiliki data yang valid ke dalam daftar siswa CAPESUN. Sehingga akan didapat satu file yang berekstensi .ez . File ini yang akan dipergunakan untuk menguploade data siswa CAPESUN ke Web BIOUN online.



Semoga bermanfaat. 



Next
This is the current newest page
Previous
This is the oldest page